Kader PDIP dan warga Sukolilo-Tenggilis siap jadi saksi militan kawal suara GaMa*

Swaranews.com - PDIP Surabaya menyiapkan ribuan saksi Pemilu 2024, dengan menggelar pelatihan serentak di seluruh kelurahan dan kecamatan se Surabaya, pada Minggu (4/2/2024). Ribuan saksi ini akan ditempatkan di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), untuk mengawal berlangsungnya proses pemungutan dan penghitungan suara.

"Kita menyiapkan 16.334 saksi. Termasuk di Kecamatan Sukolilo dan Tenggilis. Kita pastikan di tiap TPS ada 2 saksi PDI Perjuangan, yang mengawal agar proses Pemilu berlangsung jujur dan adil," ujar Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC PDIP Surabaya Anas Karno, usai berkeliling membuka pelatihan saksi di wilayah Kecamatan Tenggilis dan Sukolilo.

Baca Juga: A.H. Thony: Waspadai Komprador Politik

Anas Karno kembali mengatakan, sesuai arahan Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono, ribuan saksi ini diberikan materi-materi pokok, untuk mengetahui dan mengerti proses Pemilu di TPS. Mulai dari dibukanya TPS sampai selesai penghitungan suara.

"Mereka dilatih cermat menilai suara sah, dan yang tidak sah. Kemudian cermat dalam menghitung suara. Mereka ini saksi militan dari kader PDIP dan masyarakat, yang mengawal suara rakyat untuk PDIP dan Ganjar-Mahfud," terangnya.

Baca Juga: DPRD Surabaya Support Pemkot Bangun Tanggul di Surabaya Barat

Lebih lanjut Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya tersebut mengatakan, saksi PDIP akan berjuang melawan upaya-upaya manipulasi suara. Demi tegaknya konstitusi dan kedaulatan rakyat.

"Sebagian besar saksi PDIP sudah berpengalaman mengikuti gelaran Pemilu. Sehingga pelatihan saksi serentak ini menjadi pemantapan bagi yang sudah berpengalaman," pungkas Anas Karno yang saat ini menjadi Caleg incumbent PDIP nomor 3 Dapil 3.

Baca Juga: Ketua DPD PSI Surabaya Mengwasi Jalannya Rekapitulasi di Seluruh Kecamatan

Sementara itu Ketua PAC PDIP kecamatan Tenggilis Mardiono mengatakan, konsolidasi saksi secara intensif terus dilakukan lewat pertemuan langsung atau melalui alat komunikasi.

"Kita sudah siap. Para saksi adalah ujung tombak mengawal suara rakyat di TPS," pungkasnya.

Editor : amar