DPRD Dukung Keseriusan Pemkot Surabaya Pantau RHU Selama Ramadan

Mochamad Machmud, Anggita DPRD Kota Surabaya
Mochamad Machmud, Anggita DPRD Kota Surabaya

Swaranews.com - Sesuai dengan Surat Edaran ((SE) Walikota Surabaya bahwa selama bulan Ramadan seluruh Rumah Hiburan Umum yang ada di Kota Pahlawan ini harus tutup. Terkait hal itu, Mochammad Machmud selaku Anggota DPRD Kota Surabaya berharap agar pengusaha di industri tersebut mematuhinya.

"Saya berharap Pemeribtah Kota Surabaya bisa menindak tegas pada pengusaha yang membandel. Langsung saja ditutup usahanya selamanya," ujarnya, Minggu (17/3/2024) di Surabaya.

Baca Juga: DPRD Surabaya Apresiasi Pemkot atas Capaian Perbaikan Jalan dan Saluran

Machmud menyampaikan bahwa dengan tindakan tegas pemerintah diharapkankan pengusaha tidak ada yang main-main dengan Surat Edaran Walikota Surabaya Nomor 100.3.4./4839/436.8.6/2024 tentang pelaksanaan ibadah selama bulan suci ramadan tahun 2024 tersebut.

Untuk itu, Legislator senior asal Partai Demokrat ini menegaskan agar Satpol PP Kota Surabaya bersama stakeholder terkait terus memantau, khususnya pada RHU yang dicurigai membuka secara diam-diam atau secara sembunyi-sembunyi.

"Satpol PP kelurahan, kecamatan, sampai Satpol PP Kota Surabaya harus keliling memantau ya," tegasnya.

M. Machmud menyatakan bahwa menjaga Kota Surabaya tetap kondusif selama ramadan seluruh instansi terkait bisa saling bersinergi. Pemkot harus mampu menggerakkan semua instansi.

"Semua instansi digerakkan untuk saling membantu kerja sama memantau," harapnya.

Baca Juga: 155 PPK Resmi Dilantik, Wali Kota Eri Cahyadi Minta Jaga Netralitas Selama Bertugas

Sehingga, lanjut Machmud, RHU yang buka secara sembunyi-sembunyi dapat terendus atau diketahui.

"Jika melibatkan semua instansi bisa diketahui ketika ada yang buka maupun yang buka diam-diam," jelasnya.

Machmud menyadari bahwa ditutupnya RHU sepanjang Ramadan merugikan pengusaha sebab tidak berpenghasilan dari tiket masuk, minum juga makanan.

Baca Juga: KPU Provinsi Jawa Timur Pastikan Tidak Ada Calon Independen

"Tapi ini kan untuk menghormati orang yang sedang berpuasa, memang ini pro kontra ya," sebut Machmud.

Untuk diketahui, Walikota Eri Cahyadi mengatakan, Satpol PP Kota Surabaya bersama Tim Respati Polrestabes Surabaya juga bakal lebih menggiatkan lagi patroli selama bulan suci ramadan.

“Patroli pasti keliling, karena Respatinya Polrestabes dengan Satpol PP selalu berputar selama ramadan. Selama ini juga selalu berputar, tapi lebih kita giatkan lagi di bulan ramadan,” beber Eri Cahyadi. (Adv)

Editor : amar