Menteri Perdagangan Buka Rakernas IMA 2024 di Sleman

 

Menteri Perdagangan Akan Buka Rakernas IMA 2024 di Slema

Baca Juga: Buruh Desak Pemerintah Berani Lawan Broker Impor, PHK Massal Ancam RI

SLEMAN, 2 Mei 2024 - Menteri Perdagangan DR (H.C.) Zulkifli Hasan SE, MM berencana akan hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Indonesia Marketing Association (IMA) dengan rangkaian yang berlangsung 2-4 Mei 2024 di Sleman, D.I.Yogyakarta.

Rakernas yang bertema “Inclusive Immersive Marketing for Better Indonesia” tersebut diperkirakan akan dihadiri oleh lebih dari 350 orang yang berasal dari 101 chapter di seluruh Indonesia beserta pengurus pusat. Anggota IMA berasal dari para profesional, akademisi, pemerintah dan pengusaha. Selama rangkaian Rakernas Rakernas IMA ini akan dihadiri oleh lebih dari 1.000 orang, termasuk dalam acara Studium Generale di Universitas Gadjah Mada, yang akan diikuti oleh dosen dan mahasiswa serta dari berbagai kalangan lainnya.

President IMA Pusat, Suparno Djasmin menjelaskan bahwa rencana kehadiran Menteri Perdagangan tersebut diperoleh dalam acara Halal bi Halal Kementerian Perdagangan minggu lalu. Pada kesempatan tersebut President IMA didampingi oleh Co-Founder IMA Juan Permata Adoe.

"Kami senang sekali bahwa Menteri Perdagangan bisa hadir pada Rakernas di Sleman ini untuk menambah semangat para anggota berkiprah di daerah mereka masing-masing," tambah Suparno Djasmin.

Selain Menteri Perdagangan, Rakernas IMA tersebut juga mengundang Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Bupati Sleman dan President IMA Chapter Sleman R. Haris Martapa SE, M.T beserta anggota sebagai tuan rumah.

Presiden IMA Chapter Sleman R. Haris Martapa, SE, M.T menyampaikan: “Dengan adanya Rakernas IMA pada 2-4 April nanti harapannya dapat membantu UMKM di wilayah Sleman semakin maju dan naik kelas, karena tema tentang UMKM tersebut juga menjadi salah satu topik dan sejumlah UMKM juga ikut berpameran selama rangkaian Rakernas tersebut..”

Baca Juga: Kuliner Legendaris, Konser Musik Hingga Loker Hadir di FIFGROUP 35th LOCALICIOUS

Bersamaan dengan Rakernas IMA saat ini, juga dilaksanakan pertemuan Asia Marketing Federation (AMF) yang anggotanya terdiri dari berbagai IMA dari negara-negara di wilayah Asia termasuk Indonesia. Delegasi AMF yg akan hadir antara lain dr Jepang, Singapura, China, Korea Selatan, Malaysia, Sri Lanka, Thailand, Filipina, Bangladesh, Nepal dan Mongolia dengan total semua sebanyak 50-an orang..

Rangkaian Kegiatan Rakernas IMA 2024
Rangkaian acara Rakernas yang berlangsung pada 2-4 April 2024 ini akan mulai dilaksanakan pada tanggal 2 Mei dengan masing–masing peserta mulai berdatangan dan check in di penginapan, kemudian pada hari kedua di tanggal 3 Mei, acara pembukaan dan registrasi Studium General dengan nara sumber Rektor UGM Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D. serta akan ditutup dengan Fun Trip untuk explore pariwisata ke Kaliurang.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan UMKM Expo dan Gala Dinner sebelum dimulainya acara resmi Rakernas IMA 2024 esok harinya. “Kami berharap acara ini akan mendukung sektor pariwisata yang khususnya berada di Sleman. Pariwisata yang menjadi pilihan di Sleman adalah Lava Tour Merapi, Gardu Pandang, Tlogo Putri, Candi Prambanan, The Lost World Castle, dan masih banyak lainnya.

Peserta juga akan mengunjungi beberapa tempat wisata di Sleman, seperti Rumah Jadah yang ada di Kaliurang, kemudian Tour Merapi menggunakan Jeep, masing-masing Jeep untuk 4 orang atau 4 penumpang yang akan mengelilingi Merapi hingga ke Tlogo Putri yang terkenal dengan alamnya yang sejuk dan sangat indah.

Baca Juga: 4 Alasan Krusial di Tengah Kekhawatiran 46% Perempuan Akan Otomasi Pekerjaan

Momentum ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Kabupaten Sleman khususnya dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada umumnya untuk memperlihatkan potensi yang dimiliki, karena peserta Rakernas adalah anggota IMA dari berbagai bidang dan berbagai kota.

Dijelaskan pula bahwa UMKM di Sleman relatif banyak, seperti handicraft, makanan kecil dari hasil tani, perajin batik. Sedikitnya ada 40 UMKM pilihan yang akan meramaikan rangkaian acara Rakernas IMA nanti.

-

Editor : amar