Pemkot Jaring Bibit Berbakat untuk Persiapan KEJURDA U-17

Kejuaraan Bola Voli Piala Walikota 2024. (Infokom Kota Surabaya)
Kejuaraan Bola Voli Piala Walikota 2024. (Infokom Kota Surabaya)

Swsranews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) menggelar Kejuaraan Bola Voli Piala Wali Kota Surabaya antarklub U-17 se-Kota Surabaya di Gedung Olahraga (GOR) Pancasila Surabaya. Kompetisi yang digelar mulai tanggal 5 - 9 Mei 2024 itu untuk menjaring bibit-bibit unggul dan berbakat dalam bola voli yang selanjutnya akan dipersiapkan untuk Kejurda U-17 yang akan digelar di Kabupaten Bojonegoro pada 26 Mei – 1 Juni 2024.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji yang membuka kejuaraan itu mengatakan bahwa Kejuaraan Bola Voli Piala Wali Kota Surabaya ini adalah sebuah ajang untuk mencari bibit-bibit potensial, bibit-bibit unggul, dan pemain berbakat dalam dunia bola voli. Menurutnya, acara yang rutin digelar setiap tahun ini menjadi kesempatan emas bagi arek-arek Suroboyo untuk menunjukkan bakat-bakatnya, khususnya di bidang bola voli.

Baca Juga: Wali Kota Eri Siapkan Kolam Renang Khusus Pelajar dengan Harga Terjangkau

“Melalui kejuaraan ini akan diseleksi mana atlet-atlet yang pantas untuk mewakili Kota Surabaya ke ajang yang lebih tinggi, dan dalam waktu dekat nanti akan ada Kejurda U-17,” kata Wawali Armuji.

Oleh karena itu, melalui kejuaraan ini pemkot berharap akan lahir atlet-atlet berprestasi yang akan terus membawa Surabaya mendulang prestasi dan merebut medali. Bahkan, ia juga meminta kepada arek-arek Suroboyo itu untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.

“Saya yakin dengan bibit yang sudah tampil begitu gemilang sejak pagi, saya yakin Surabaya bisa meraih banyak medali. Apalagi, Surabaya ini gudangnya para atlet, termasuk bola voli karena sejak dulu banyak klub-klub yang berprestasi lahir dari Surabaya,” tegasnya.

Tentunya, melalui kejuaraan ini bibit-bibit yang mungkin sudah mulai redup bisa tumbuh kembali menjadi talenta yang luar biasa ke depannya. Bahkan, ia berharap Kota Surabaya bisa menyumbangkan banyak atletnya untuk berlaga di tingkat nasional. “Terus semangat dan selalu jaga sportivitas,” ujarnya.

Baca Juga: Walikota Eri Tegur Kontraktor Proyek Box Culvert Jalan Kapasari I

Sementara itu, Ketua Panitia Kejuaraan Bola Voli Piala Wali Kota Surabaya Edy Suwasono mengatakan, pertandingan voli ini akan diambil yang terbaik untuk menjadi wakil dari Kota Surabaya dalam Kejurda U-17 yang akan digelar di Bojonegoro. Pemenang juga akan mendapatkan fasilitas dari PBVSI Surabaya untuk berlatih maksimal sebelum berangkat ke Bojonegoro.

“Jadi, nanti juara satu dan dua (putra/putri) akan mewakili Surabaya ke kejuaraan di Bojonegoro. Tentunya, mereka itu akan kita godok (matangkan) dulu sekitar dua minggu sebelum berangkat,” kata Edy.

Selain itu, ia menyebut adanya kompetisi pada usia dini semakin memperbesar peluang Indonesia mendapatkan atlet baru. Bagi dia, mereka inilah yang akan meneruskan pemain profesional yang ada di Jatim ataupun Indonesia saat ini.

Baca Juga: Kolam Renang Tirta Bunda Dilengkapi Tempat Bermain Anak hingga Instruktur Pendamping

Ia juga berharap anak muda dan pihak terkait bisa semakin memberikan dukungan dalam bentuk apapun kepada anak yang mempunyai talenta di cabang olahraga mana pun. “Terkhusus voli, kami harap bukan hanya di Surabaya saja. Seluruh Indonesia harus bisa membuat kompetisi usia muda untuk membuka jalan para atlet cilik menjadi pemain profesional,” katanya.

Kejuaraan Bola Volli antar Club U-17 Piala Wali Kota Surabaya ini diikuti oleh 17 klub se-Kota Surabaya. Juara 1 putra dan putri akan mendapatkan piala bergilir Wali Kota Surabaya sekaligus akan mendapatkan uang pembinaan. Juara 1 dan juara 2 itu juga akan diikutkan KEJURDA U-17 antar club mewakili Kota Surabaya tanggal 26 mei - 1 juni di Kab Bojonegoro. 

Editor : amar