Sambut HJKS ke-731, Seluruh Pegawai Pemkot Surabaya Kerja Bakti Cat Ulang Curbing Median Jalan

Walikota Wri Cahyadi sedang mengecat curbing median jalan. (Kominfo Surabaya)
Walikota Wri Cahyadi sedang mengecat curbing median jalan. (Kominfo Surabaya)

Swaranews.com - Menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar kerja bakti dengan melakukan pengecatan ulang pada curbing median jalan atau pembatas jalan, Minggu (12/5/2024) pagi. Kerja bakti ini diikuti oleh seluruh pegawai di lingkup Pemkot Surabaya, baik Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Non ASN. 

Kerja bakti dimulai sejak pukul 06.00 WIB dan dilakukan secara serentak, dengan melakukan pengecatan curbing di 51 ruas jalan. Tujuannya adalah untuk memperjelas curbing median jalan yang sudah pudar, sehingga pengendara bisa melihat pembatas jalan dengan lebih jelas.

Baca Juga: Surabaya Jadi Tuan Rumah Grand Final Bintang Radio Nasional 2024

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi turut serta dalam kerja bakti tersebut. Setibanya di Jalan Darmo Kota Surabaya, Wali Kota Eri bergegas mengambil kuas dan cat. Ia pun langsung bergabung untuk melakukan pengecatan curbing median jalan.

“Untuk menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HKJS), kita melakukan pengecatan ulang pada berem (bagian tepi) jalan, seperti yang sudah kita lakukan pada curbing median di taman tengah jalan, itu kita cat semuanya,” kata Wali Kota Eri seusai kerja bakti.

Ia menjelaskan bahwa pengecatan curbing dilakukan di seluruh ruas jalan di Kota Pahlawan. Mulai dari Jalan Ahmad Yani, Jalan Adityawarman, Jalan HR Muhammad, Jalan Mayjend Sungkono, Jalan Darmo, Jalan Diponegoro, Jalan Dokter Ir. Haji Soekarno (Merr), serta ruas jalan yang lainnya. Total, terdapat 51 ruas jalan yang dilakukan pengecatan curbing.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Bekerja Sama Koso Nippon Gelar Review untuk Rumuskan Kota Ramah Lansia

“Kita bagi dengan teman-teman (OPD), kita hitung kemampuan satu orang mampu menyelesaikan berapa meter. Alhamdulilah saya menargetkan dalam satu jam setengah sudah selesai. Sehingga sampai jam 07.30 WIB sudah selesai semua,” jelasnya.

Agar lebih efektif, Wali Kota Eri mengungkapkan bahwa setiap OPD, kecamatan, dan kelurahan telah menerjunkan para personelnya masing-masing di berbagai titik. Seperti Kecamatan Sambikerep yang bertugas di kawasan Jalan Darmo Kota Surabaya, mereka menerjunkan 40 personel untuk melakukan pengecatan curbing median jalan. 

“Seperti di titik ini, yang bertugas adalah Kecamatan Sambikerep yang terdiri dari 40 orang, itu cukup. Sedangkan 40 orang lainnya ada di titik yang berbeda. Kerja bakti tidak lama-lama tapi efektif dan efisien. InsyaAllah Hari Jadi Kota Surabaya semuanya (curbing) lebih indah,” ungkapnya.

Baca Juga: Tekan Laju Inflasi di Surabaya, Pemkot Rutin Gelar Gerakan Pangan Murah Tiap Bulan

Ia menambahkan bahwa kerja bakti kali ini, OPD, kecamatan, dan kelurahan didampingi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya. Nantinya, pada kegiatan kerja bakti selanjutnya akan didampingi oleh Dinas Sumber daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya.

“Saat ini kita dengan Dinas Lingkungan Hidup dengan pengecatan curbing pada taman tengah kota. Setelah curbing median jalan, kita akan dengan DSDABM. Dikerjakan bersama-sama maka perbaikan-perbaikan lebih cepat selesai untuk menyambut HJKS,” pungkasnya. 

Editor : amar