Ribuan Anak PAUD dan SD Surabaya Unjuk Bakat di Pagelaran Seni Kreativitas di 12 Pusat Perbelanjaan

Swaranews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sukses menggelar Pagelaran Seni Kreativitas Siswa PAUD dan SD tahun 2024. Gelaran ini merupakan bukti nyata komitmen pemkot terhadap transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, serta Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI).

Bunda PAUD Kota Surabaya, Rini Indriyani mengatakan, bahwa pagelaran ini lahir atas kesadaran akan pentingnya pendidikan anak usia dini sebagai pondasi pengembangan karakter dan kemampuan anak. Oleh sebab itu, ia berupaya menciptakan ruang untuk berekspresi, mengisolasi bakat, dan membangun rasa percaya diri melalui seni dan kreativitas.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Ganti Kendaraan Kepala OPD dengan Tenaga Listrik Sistem Sewa

“Acara ini juga mempererat kolaborasi antara lembaga pendidikan, orang tua, dan masyarakat dalam mendukung tumbuh kembang anak,” kata Bunda Rini Indriyani sapaan lekatnya, Selasa (4/6/2024).

Bunda Rini menjelaskan, Pagelaran Talenta Seni dan Kreativitas Siswa PAUD dan SD tahun 2024 memiliki beberapa keunikan. Pertama, skala penyelenggaraan yang sangat luar biasa dengan melibatkan 73.200 siswa dari 3.666 lembaga pendidikan PAUD dan SD se-Kota Surabaya. 

Kedua, pemilihan lokasi pagelaran yang tidak biasa, yaitu di 12 pusat perbelanjaan terkemuka di Kota Pahlawan. Di antaranya, Kaza Mall Surabaya, Food Junction Grand Pakuwon, Pakuwon City Mall, Tunjungan Plaza Surabaya, Lagoon Avenue Mall Sungkono Surabaya, Bg. Junction Mall, Cito of Tomorrow (Cito) Mall, Maspion Square, ITC Mega Grosir Function Hall, Royal Plaza, Grandcity Mall, dan The Central Mall Gunawangsa Tidar.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendekatkan kegiatan ini dengan masyarakat dan memberikan pengalaman baru bagi anak-anak,” jelasnya.

Ketiga, keragaman jenis penampilan seni dan kreativitas yang ditampilkan. Mulai dari gerak dan lagu, tari tradisional dan modern, paduan suara, drama musikal, pertunjukan angklung, pembacaan puisi, hingga peragaan busana. Dan keempat, keterlibatan aktif orang tua dan masyarakat dalam setiap tahap pelaksanaan pagelaran, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan acara.

“Pagelaran ini berlangsung selama hampir satu bulan, menampilkan berbagai pertunjukan seni dan kreativitas dari berbagai lembaga pendidikan. Salah satu momen yang paling ditunggu adalah penampilan gerak dan lagu, menari, menyanyi, paduan suara, pantomime, angklung, drama, puisi, band, serta fashion show atau peragaan busana,” imbuhnya.

Bunda Rini juga menjelaskan bahwa pagelaran ini memberikan dampak positif bagi anak-anak, guru, orang tua, dan masyarakat. Bagi anak-anak, acara ini menjadi wadah ekspresi diri, pengembangan bakat, dan peningkatan rasa percaya diri. Sedangkan bagi guru, acara ini menjadi ajang pertukaran pengalaman dan pengetahuan.

Baca Juga: Cegah Pembuangan Limbah Rumen, Pemkot Surabaya Terjunkan Tim Gabungan Sisir Kalimas

“Kemudian bagi orang tua, acara ini menjadi kesempatan melihat bakat anak mereka. Lalu bagi masyarakat, acara ini menjadi bukti komitmen pemerintah dalam memajukan pendidikan anak usia dini,” jelasnya.

Meski demikian, Bunda Rini menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan pagelaran tersebut. Sebab, pagelaran ini menjadi bukti nyata bahwa Kota Pahlawan memiliki generasi muda yang berbakat dan kreatif.

Menurutnya, Pagelaran Talenta Seni dan Kreativitas Siswa PAUD dan SD tahun 2024, menjadi momen penting bagi Kota Pahlawan dalam memperkuat komitmen semua pihak untuk mendukung pendidikan anak usia dini dan memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan ruang bagi anak-anak untuk berekspresi, mengembangkan potensi diri, dan mempersiapkan diri memasuki jenjang pendidikan selanjutnya dengan penuh semangat dan percaya diri,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Yusuf Masruh mengatakan, pagelaran ini sejalan dengan visi Pemkot Surabaya untuk menciptakan generasi muda yang cerdas, kreatif, dan berkarakter.

Baca Juga: Launching 23 Juni 2024, Inilah Beberapa Aksesibilitas Menuju Wisata Kota Lama Surabaya

“Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini, termasuk melalui penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang mendukung pengembangan bakat dan minat siswa,” kata Yusuf.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk (DP3A-PPKB) Kota Surabaya, Ida Widyawati menyatakan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Kota Pahlawan. 

“Termasuk melalui penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang mendukung pengembangan bakat dan minat siswa dengan kolaborasi antar pihak,” kata Ida. 

Senada dengan hal tersebut, Ketua Pokja PAUD Kota Surabaya, Thussy Apriliyandari berharap, dengan adanya pagelaran talenta seni ini, dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi anak-anak. “Sehingga anak-anak terus mengembangkan bakat dan minatnya sejak kecil,” pungkas dia.  

Editor : amar