DPRD Surabaya Beri Solusi PD Pasar Surya Terkait Pedagang di Trotoar

Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya, Hj. Lutfiyah. (Bachan)
Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya, Hj. Lutfiyah. (Bachan)

Swaranews.com - Permasalahan melubernya pedagang Pasar Keputran masih belum selesai. Berkali-kali Satpol PP menertibkan. Namun, hingga saat ini masih banyak pedagang yang berjualan di atas trotoar.

Menanggapi hal itu,
Hj. Luthfiyah, S.Psi., Ketua Komisi B DPRD Surabaya meminta kepada para pedagang pasar Keputran yang sudah di fasilitasi tempat untuk berjualan di dalam area pasar agar tidak lagi berjualan diluar. Apalagi mereka membuka lapak dagangannya di atas trotoar.

Baca Juga: Pansus Sepakat PDAM Surya Sembada Surabaya Tetap Perumda 

"Mereka tidak bisa berjualan seperti itu, apalagi berdagang di atas trotoar," ujarnya setelah rapat dengar pendapat (hearing), Selasa (11/6/2024) siang.

Dia menjelaakan, padahal pihak Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya Keputran sudah menyanggupi untuk memberikan fasiltas tempat area berjualan di dalam pasar, yang lokasinya ada di lantai dua dan masih dalam kondisi kosong.

"Sebelumnya, mereka masih merasa keberatan untuk menempati lapak dagangannya di dalam pasar. Namun, jika semua pedagang pasar berjualan di dalam stand area pasar, maka tentunya semua pembeli akan memasuki pasar," terangnya.

Legislator perempuan asal Fraksi Gerindra ini menegaskan bahwa melalui rapat kali ini,  permasalahan dengan pedagang pasar ini sudah ada solusinya. Sebab mereka sudah mendapatkan fasiltas tempat untuk berjualan di pasar.

Baca Juga: DPRD Surabaya Minta Pemilik Gedung Kawasan Wisata Kota Lama Turut Berperan Aktif

Direktur PD Pasar Surya, Agus Priyo Akhirono menjelaskan, ada beberapa pedagang yang berdagang di luar wilayah, sehingga tak jarang mereka terkena penertiban.

"Padahal, kami sudah memastikan bahwa tempat di Pasar Keputran Utara yang ada di lantai 2 masih tersedia tempat untuk 40 pedagang," bebernya.

Agus Priyo juga menyebutkan bahwa saat inu sudah banyak jpedagang yang dari luar masuk untuk berjualan di dalam tersebut.

Baca Juga: DPRD Surabaya Minta Dispendukcapil Buat Juknis dan Bimtek Untuk Pemutakhiran Data Penduduk

Sementara Husniah, salah satu pedagang Pasar Keputran mengaku lega sudah ada solusi dalam hearing yang digelar di Komisi B DPRD Kota Surabaya ini.

"Terimakasih, sudah ada solusi dari PD Pasar melalui rapat di DPRD Surabaya ini," ungkapnya. (Adv)

Editor : amar