Kapolda Jatim Beri Pembekalan Pada Tujuh Ribu Bhabinkamtibmas Se-Jatim Jelang Pilkada Serentak 2024

Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto saat memberikan pembekalan kepada 7 ribu lebih personel bhabinkamtibmas amankan pilkada jatim. Foto: Tim
Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto saat memberikan pembekalan kepada 7 ribu lebih personel bhabinkamtibmas amankan pilkada jatim. Foto: Tim

Swaranews.com - Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Imam Sugianto memberi pembekalan keoada tujuh ribu lebih Bhabinkamtibmas se-Jatim menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di wilayah Jawa Timur.

Kegiatan dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 3 - 6 September 2024 kemarin, di Gedung Sport Center, Universitas UNISA, Surabaya.

Baca Juga: Aliansi Wartawan Surabaya Beri Ucapan Selamat HUT Polri Ke-78

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh personil bhabinkamtibmas atas dedikasi, kontribusi dan pengabdian yang telah diberikan.

"Sampai hari ini pengelolaan aspek keamanan di wilayah Jawa Timur bisa dilaksanakan dengan baik dan terpelihara situasi Kamtibmas yang cukup kondusif," kata Irjen Pol Imam Sugianto.

Total Babinkamtibmas yang sudah diberikan pembekalan ada 7731. Materi pembekalan adalah terkait kesiapan untuk mengawal suksesnya pilkada 2024 di Jawa Timur.

Baca Juga: HUT ke-78 Bhayangkara, Surabaya Berkomitmen Ciptakan Lingkungan Aman dan Kondusif

"Kita tau identifikasi persoalan-persoalan masalah itu akan muncul di tingkat terbawah RT/RW di desa di mana bhabinkamtibmas bertugas. Selama empat hari ini mereka dibekali ilmu dari KPU, Bawaslu kemudian dari Pembina fungsi di Polda sendiri pengamanan, kemudian tindakan-tindakan yang harus dilakukan manakala menemukan persoalan-persoalan yang berhubungan dengan gangguan terkait jalannya kelancaran Pilkada," lanjut Imam.

Pembekalan ini kita bekalkan beberapa peralatan tas multifungsi bhabinkamtibmas yang mereka bawa pulang dan itu nanti betul-betul harus bisa dioptimalkan dan dimanfaatkan dalam mendukung pelaksanaan tugas di desa desa binaan nya.

"Babin ini nantinya memiliki tugas mengamankan TPS TPS. Tentunya akan didukung oleh petugas polisi yang sudah di Sprin kan oleh Polda baik di tingkat Polres maupun dari Polda kemudian digeser dimana TPS berada," tegas Kapolda.

Baca Juga: Kapolda Jatim Terima PWI Jatim Award, Buah Kondisifitas Pemilu 2024

Lebih jauh diterangkan, mereka berkolaborasi dengan petugas yang lain dalam hal ini Babinsa Kemudian petugas KPPS petugas yang penyelenggara Pemilu itu sendiri untuk memantau dan mengawasi suksesnya penyelenggaraan pemilu dan mengawasi manakala ada yang akan mengganggu.

"Setelah itu mereka juga mengawal kotak suara kotak suara yang ada dari TPS TPS untuk dibawa ke Kecamatan dari Kecamatan kemudian dibawa ke kabupaten kota," pungkasnya.

Editor : amar

Peristiwa   

BANG UDIN SOSIALISASI ERI-ARMUJI

Swaranews.com - Anggota DPRD Surabaya Dari Partai Demokrat Dapil 2 Muhammad Saifuddin terus turun melakukan sosialisasi mengajak seluruh lapisan…