Lomba Pidato Bahasa Jawa di Perumtas 2 Sidoarjo HUT Kemerdekaan RI

avatar swaranews.com
Salah satu juri Shelly (kanan) bersama para juara. /Foto : tim
Salah satu juri Shelly (kanan) bersama para juara. /Foto : tim

Swaranews.com - Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-78 geliat berbagai aktivitas kalangan masyarakat mulai terlihat. Diantaranya kegiatan beraneka lomba di Perumahan Taman Anggun Sejahtera (TAS) 2 Tanggulangin Sidoarjo. Salah satu yang menarik satu yang menarik adalah Lomba Pidato Bahasa Jawa.

Lomba Pidato Bahasa Jawa yang berlangsung di RT.9 RW 7 Kelurahan Kalisampurna ini, terlaksana atas ide gagasan tokoh masyarakat setempat, Harjo Seputro yang didukung Ketua RT 07 Samuel Puji, Ketua RW 07 Dwi Budi Hartanto.SH. Ketua PKK RW7 Aberta Liesyeke Shellyana.

Baca Juga: Danrem 084/Bhaskara Jaya Dampingi Wamenhan RI di Pondok Bumi Shalawat

"Saya tertantang untuk melestarikan Bahasa Jawa dari lingkup yang kecil melalui lomba pidato bahasa Jawa,"ujar Harjo sapaan akrab Harjo Seputro.ST.MT, Kamis (10/8/2023).

Dirinya berharap lomba dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 kali ini, memiliki makna bagi pelestarian bahasa Jawa. Karena bagaimanapun tanah jawab menjadi saksi sejarah atas peejalanan kemeedekaan tetsebut.

Salah satu dewan juri lomba Pidato Bahasa Jawa, Aberta Liesyeke Shellyana yang akrab disapa bunda Shelly mengakui bahwa para peserta lomba pidato ini cukup antusias dan penuh semangat.

"Memang panitia menargetkan 20 peserta. Tapi realitanya hanya sekitar 60 persen dari harapan sudah sangat baik," ungkapnya.

Baca Juga: Walikota Eri Ajak Jaga Persatuan dan Berjuang Lawan Kemiskinan

Shelly menegaskan bahwa sebagai lomba yang baru dan langka, selain unik juga bisa menjadi tontonan dan tuntunan. Karena sebagian besar pesertanya ibu-ibu tidak sedikit yang tampil dengan berani dan penuh semangat

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat, Budi Hartanto memandang pentingnya Lomba Pidato Bahasa Jawa ini. Maka dirinya memandang perlunya kedepan lomba serupa diadakan untuk kalangan generasi muda, khususnya karang taruna.

"Saya berkeinginan ada lomba Pidato Bahasa Jawa dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda tahun 2023," harap Budi

Baca Juga: Pemkot Surabaya Gelar Lomba Senam Gemu Famire Hingga Balap Karung

Dia menyatakan bahwa lomba pidato bahasa Jawa ini memiliki fungsi penting, bisa juga bermanfaat jika ada hajatan. Hal itu berkaitan erat dengan MC atau pembawa acara Jawa yang sekarang sangat jarang ada.

Dengan kegiatan yang bermuatan kearifan lokal, seperti lomba bahasa Jawa, disamping dapat mendukung pelestarian bahasa Jawa juga sktifitas literasi budaya di Kabupaten Sidoarjo. Dalam Lomba Pidato Bahasa Jawa meriahkan HUT RI ke 38 terplih sebagai :

Juara 1. Fajar Nawang Sari
Juara 2 Tumi
Juara 3 Nanik sujiati (kris)
.

Editor : redaksi