Wali Kota Eri Cahyadi: Saya Yakin Pemimpin Surabaya Lahir dari Cak dan Ning Cilik

Penampilan Cak dan Ning Cilik di Surabaya
Penampilan Cak dan Ning Cilik di Surabaya

Swaranews.com - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya Rini Indriyani hadir dalam Grand Final Pemilihan Cak Ning Cilik Surabaya Tahun 2024, di Gedung Balai Budaya, Balai Pemuda, Sabtu (11/5/2024) malam. Bukan sekadar hadir, di kesempatan ini Wali Kota Eri Cahyadi turut memberikan motivasi kepada para peserta finalis Cak dan Ning Cilik.

Tidak hanya ada Wali Kota Eri Cahyadi dan Ketua TP PKK Rini Indriyani, dalam acara ini juga ada Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Hidayat Syah dan Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Yusuf Masruh turut serta mendampingi. 

Baca Juga: Wali Kota Eri Siapkan Kolam Renang Khusus Pelajar dengan Harga Terjangkau

Wali Kota Eri Cahyadi dan Ketua TP PKK Rini Indriani takjub melihat bakat para peserta Cak dan Ning Cilik kali ini. Satu persatu pasangan Cak dan Ning Cilik tampak luwes berjalan di atas panggung, bahkan cepat tanggap ketika ditanya tentang Kota Surabaya. 

“Kalau kita sudah bicara Cak dan Ning-nya Kota Surabaya maka tidak pernah diragukan lagi bagaimana kemampuannya Cak Ning Surabaya,” kata Wali Kota Eri. 

Dirinya mengungkapkan, alasan diadakannya pemilihan Cak dan Ning adalah untuk menciptakan pemimpin baru di Kota Surabaya. Bukan hanya itu, ia menyebutkan, Cak dan Ning Cilik juga sebagai wadah berekspresi untuk anak-anak di Kota Surabaya. 

“Saya ingin seluruh anak-anak Surabaya, pemuda-pemuda Surabaya, itu berani mengeluarkan ekspresinya tanpa terbatas apapun itu. Karena hidup di Surabaya itu harus bahagia, harus kita mulai dengan senyum,” sebut Wali Kota Eri. 

Baca Juga: Walikota Eri Tegur Kontraktor Proyek Box Culvert Jalan Kapasari I

Pemilihan Cak dan Ning Cilik ini, adalah bagian dari event Peringatan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731. Di babak Grand Final Pemilihan Cak Ning Cilik kali ini, ada sepuluh pasangan peserta yang kemudian dipilih menjadi enam peserta terbaik. Setelah terpilih, anak-anak usia 8-12 tahun ini memiliki peran untuk mempromosikan wisata dan budaya yang berada di Kota Surabaya.

Di kesempatan ini, Wali Kota Eri dan Ketua TP PKK Rini Indriyani sempat memberikan pertanyaan soal pengetahuan budaya dan wisata lokal di Surabaya, kepada enam pasangan finalis Cak dan Ning Cilik 2024. Satu persatu dari mereka cekatan menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh Wali Kota Eri dan Ketua TP PKK Rini. 

Wali Kota Eri berharap, Cak dan Ning Cilik terus dikembangkan dan dilibatkan dalam berbagai kegiatan. Dengan begitu, menurut dia, karakter anak-anak di Kota Surabaya akan terbentuk hingga dewasa. 

Baca Juga: Kolam Renang Tirta Bunda Dilengkapi Tempat Bermain Anak hingga Instruktur Pendamping

Maka dari itu, ia meminta kepada Kepala Disbudporapar Surabaya serta Cak dan Ning senior untuk ikut mendampingi para Cak dan Ning Cilik hingga dewasa. Ia juga berterima kasih kepada para orang tua, kepala sekolah, dan guru yang telah memberikan kesempatan kepada anak-anak Surabaya untuk ikut dalam pemilihan Cak dan Ning Cilik 2024.

“Saya yakin, pemimpin di Surabaya akan terlahir dari Cak Ning di Kota Surabaya. Baik dari yang senior maupun yang junior. Karena anak yang ikut hari ini, sudah satu langkah menjadi seorang pemimpin, jika dibimbing dan dilatih dengan benar maka akan menjadi pemimpin sejati di kemudian hari,” pungkasnya. 

 

Editor : amar