Semarakkan HJKS ke-731, PDPS Launching Senja Surya 3.0 di Pasar Bratang

Swaranews.com - Menyemarakkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731, PD Pasar Surya kembali menggulirkan event bertajuk Senja Surya 3.0. Kali ini, Senja Surya 3.0 digelar di Pasar Burung Bratang setelah sebelumnya sukses dilaksanakan di Pasar Wonokromo Surabaya.

Event Senja Surya 3.0 dibuka langsung oleh Direktur Utama PD Pasar Surya Surabaya, Agus Priyo pada Senin (20/5/2024) malam. Event yang digelar ketiga kalinya ini berlangsung mulai tanggal 20-31 Mei 2024.

Baca Juga: Cegah Pembuangan Limbah Rumen, Pemkot Surabaya Terjunkan Tim Gabungan Sisir Kalimas

"Senja Surya 3.0 ini digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Surabaya ke 731," kata Agus Priyo di sela launching Senja Surya 3.0, Senin (20/5/2024).

Agus Priyo menjelaskan bahwa Senja Surya 3.0 dibuka mulai pukul 18.00 - 21.00 WIB. Event yang didukung oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan KERRY Apex tersebut, menyajikan beragam produk kuliner Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Surabaya.

"Konsep Senja Surya ini kita memperkenalkan produk-produk UMKM dari Kota Surabaya. Terima kasih banyak kepada BRI yang sudah mendukung tergelarnya acara ini," ujarnya.

Selain mempromosikan produk UMKM Surabaya, Agus Priyo menyebut bahwa Senja Surya 3.0 sekaligus bertujuan untuk me-rebranding 67 pasar tradisional di bawah pengelolaan PD Pasar Surya. Salah satunya Pasar Bratang yang dikenal sebagai pusat penjualan burung, tanaman, hingga barang-barang antik.

"Kita kenalkan pada masyarakat bahwa pasar saat ini itu nyaman dan aman untuk belanja. Di sini juga untuk mengenalkan Pasar Bratang yang bagus, legendaris, tematik. Ada pasar burung, pasar bunga, dan pasar barang antik," katanya.

Selain menyajikan 15 UMKM kuliner, Senja Surya 3.0 di Pasar Bratang juga dimeriahkan dengan berbagai hiburan hingga perlombaan menarik. Seperti di antaranya, live akustik, zumba, pameran bunga, lomba karaoke, lomba joget, klinik kesehatan dan donor darah, klinik kecantikan, komunitas motor, lomba mewarnai anak hingga pesta durian.

Baca Juga: Launching 23 Juni 2024, Inilah Beberapa Aksesibilitas Menuju Wisata Kota Lama Surabaya

"Nanti tanggal 22 Mei ada pesta durian, ada juga zumba dan dari BRI juga support doorprize motor. Alhamdulilah bisa meningkatkan animo masyarakat untuk datang," bebernya.

Di hari pertama Senja Surya 3.0, Agus Priyo mengakui jika animo masyarakat yang datang begitu tinggi. Bahkan, ada stand UMKM sampai menghabiskan beberapa item produk. Sementara untuk sistem transaksi sendiri seluruhnya dilakukan melalui QRIS atau non-tunai.

"Harapan kami PD Pasar Surya bersama BRI bisa mengembangkan, meningkatkan pendapatan UMKM. Sehingga UMKM bisa naik kelas dan pengunjung juga bisa terus ramai," harapnya.

Di kesempatan yang sama, Regional Manager Bisnis Head BRI RO Surabaya, Dody Koesharsanto menyatakan, pihaknya selalu berpartisipasi dan mendukung program kesejahteraan UMKM. Salah satunya melalui event Senja Surya 3.0 yang digelar oleh BUMD Kota Surabaya.

Baca Juga: Cegah Pencemaran Lingkungan, Pemkot Surabaya Gelar Patroli Pengawasan di Sungai Kalimas

"Apalagi ini juga sejalan dengan program Bank Rakyat Indonesia, cashless. Jadi semua program ini kita harapkan bisa cashless. Kesatu, bisa mengurangi peredaran uang palsu. Kedua, memudahkan karena tidak perlu mencari kembalian dan ketiga melatih masyarakat menabung," kata Dody.

Di samping itu, Dody memastikan bahwa program peningkatan kesejahteraan UMKM yang dilakukan BRI juga menyasar ke semua sektor. Baik sektor pasar tradisional di bawah pengelolaan PD Pasar Surya maupun Sentra Wisata Kuliner (SWK).

"Jadi semua UMKM kita majukan, baik dari segi apapun, mau itu Pasar Bunga, Pasar Buah, Pasar Burung, SWK dan lain-lain. Yang penting tujuannya adalah kita meningkatkan taraf hidup masyarakat, terutama pelaku UMKM," pungkasnya.  

Editor : amar