Qurrota'Ain Rizky Cahyani, Anak Disabilitas Surabaya Raih Juara Ajang Seni Tingkat Internasional

Swaranews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Sosial mengembangkan Rumah Anak Prestasi (RAP) sejak 2022. RAP menjadi wadah bagi anak-anak berkebutuhan khusus untuk mengembangkan ketrampilan dan kompetensi. Seperti namanya, RAP mencetak anak-anak berprestasi hingga tingkat Internasional.

Salah satunya adalah Qurrota'Ain Rizky Cahyani yang baru-baru ini berhasil meraih best Line Master kategori usia 10-13 tahun dalam ajang We Are The World Event yang digelar pada 21 hingga 25 Agustus 2024 di Jakarta. Event tersebut diadakan oleh pusat seni yang berasal dari Paris.

Baca Juga: Tambah Koleksi Buku, Cara Dispusip Surabaya Tingkatkan Kunjungan ke Perpustakaan

Berkat prestasi tersebut, Qurrota'Ain Rizky Cahyani yang akrab disapa Tata itu merasa sangat bahagia dan bangga. Sebab, lukisannya akan di pamerkan di Paris pada bulan Desember mendatang.

"Ini pertama kali ikut lomba tingkat Internasional, perasaanya ya senang, bangga dan ada binggung juga," ungkap Tata saat ditemui di RAP Kedung Cowek, Kamis (29/8/2024).

Tata menjelaskan, karyanya yang berjudul 'Infinity in Diversity' terinpirasi dari beberapa lagu mancanegara yang sering ia dengarkan. Karya tersebut mengambarkan culture musik yang berbeda-beda dari setiap negara.

"Ini saya gambar dengan perbedaan culture masing-masing. Medianya pakai cat air, pensil warna dan spidol. Kalau inspirasinya dari lagu-lagu yang sering saya dengar, seperti lagu English, China, Jepang, Thailand dan juga Indonesia," ujar siswi SMP Muhamadiyah 13 Surabaya itu.

Kedepan, Tata semakin bersemangat untuk mengasah kemampuannya dengan mengikuti lebih banyak lomba dan terus berlatih di RAP. Ia merasa bahwa melukis adalah bagian dari kegemarannya sehari-hari."Kalau mau melukis jangan dipaksa, gambar saja yang mau digambar. Jadi jangan buat itu sebagai pekerjaan tapi sebagai hobi," ungkapnya.

Kebanggaan atas prestasi Tata juga dirasakan oleh sang ibu, Beta Ami. Perempuan berusia 47 tahun itu merasa sangat bangga lantaran putrinya mampu membuktikan ditengah kondisinya yang tidak seperti anak lainnya tapi mampu berprestasi hingga tingkat Internasional.

"Anak saya awalnya didiagnosa Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), lalu waktu kelas 3 SD diketahui ada diseleksia. Berjalannya waktu dokter juga mengatakan kalau ada autis ringan," ujar Beta.

Beta menceritakan, awalnya Ia sempat kebingungan untuk mengali potensi sang putri. Tetapi, dirinya tak patah semangat hingga menemukan RAP Nginden yang baru diresmikan pada tahun 2022 lalu.

"Tata itu tidak mau sekolah, kalau disuruh sekolah nangis saja maunya hanya mengambar. Lalu saya bawa ke Dinas Kebudayaan Kota Surabaya supaya bisa ikut kelas inklusi, tapi tidak bisa karena fisik anaknya normal. Akhirnya disarankan untuk ke RAP Nginden," papar warga Pacar Keling itu.

Setelah mengetahui informasi tentang RAP Nginden, Beta lantas mengikut sertakan Tata dalam pelatihan melukis setiap minggunya."Dari situ baru ketahuan bakatnya Tata ada di gambar. Bakatnya mulai terasah di RAP dan hanya di RAP saja belajarnya," imbuhnya.

Baca Juga: Wali Kota Eri Ajak Aisyiyah Bersinergi Atasi Masalah Perempuan

Selain mengikuti pelatihan melukis di RAP, Beta juga rajin mengikutsertakan putri keduanya dalam pelatihan lainnya seperti, public speaking, membatik dan modeling. 

Beta berharap, dengan usahanya untuk mengasah bakat Tata.Tata bisa bersaing dengan anak seusianya dan tidak diremehkan di lingkungan. Dirinya pun akan terus mendukung bakat putrinya dibidang seni, khususnya mengambar atau melukis.

"Kalau kedepan hobinya ini bisa menjadi mata pencahariannya ya saya akan mendukung. Karena secara akademik dia memang kesulitan," harapnya.

Ia pun menambahkan, untuk para ibu yang memiliki anak dengan kondisi tertentu seperti dirinya untuk tetap selalu semangat dan mengali potensi anaknya.

"Jadi jangan patah semanagat terus berusaha, karena setiap anak pasti punya kekurangan dan kelebihan. Para orang tua di Kota Surabaya juga bisa memanfaatkan fasilitas pelatihan di RAP untuk mengali potensi diri pada anak," tandas Beta.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya Anna Fajriatin mengungkapkan bahwa selain memberikan pelatihan, RAP Kota Surabaya juga mendorong anak-anak berkebutuhan khusus untuk mengikuti kompetisi. Tujuannya agar mereka dapat meningkatkan kompetensi dan aktualisasi diri.

Baca Juga: Komitmen Atasi Banjir, Wali Kota Eri Cahyadi Bangun 16 Rumah Pompa Baru dalam 3 Tahun Terakhir

"Selain berlatih, mereka (anak-anak) juga harus mengikuti kompetisi supaya semakin terasah kemampuannya dan meraih prestasi di bidang lain," kata Anna.

Anna mengatakan, saat ini sudah ada empat RAP yang tersebar di setiap wilayah Kota Surabaya, yaitu RAP Nginden, RAP Kedung Cowek, RAP Sonokwijenan dan RAP Dukuh Menanggal. Fasilitas RAP bisa dinikmati warga Kota Pahlawan secara gratis tanpa dipungut biaya.

"Jumlah anak di setiap RAP sudah mencapai ratusan. Mereka juga bisa memanfaatkan fasilitas di empat RAP yang ada. Misalnya, melakukan pelatihan di RAP Nginden tapi terapinya di RAP Dukuh Menanggal itu diperbolehkan," pungkasnya.

 

 

Editor : amar

Peristiwa   

BANG UDIN SOSIALISASI ERI-ARMUJI

Swaranews.com - Anggota DPRD Surabaya Dari Partai Demokrat Dapil 2 Muhammad Saifuddin terus turun melakukan sosialisasi mengajak seluruh lapisan…