Jabat Kepala Dinas Surabaya, Asrama Bibit Unggul Antarkan Alumni pada Kesuksesan

Swaranews.com - Asrama Bibit Unggul telah resmi diluncurkan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pada Senin (26/8/2024). Asrama yang berlokasi di Jl. Villa Kalijudan Indah XV/Kav. 2-4 Surabaya tersebut, dirancang untuk mencetak generasi emas dari keluarga tidak mampu.

Namun tahukah anda? Jika Asrama Bibit Unggul sebenarnya telah dicetuskan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sejak zaman Wali Kota Soenarto Soemoprawiro. Satu di antara alumni angkatan pertama Asrama Bibit Unggul adalah Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Surabaya, Febrina Kusumawati.

Baca Juga: Tambah Koleksi Buku, Cara Dispusip Surabaya Tingkatkan Kunjungan ke Perpustakaan

Perempuan yang lekat disapa Febri itu pun berbagi kisah inspiratif tentang bagaimana program ini telah mengubah hidupnya secara drastis.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota. Kalau dulu tidak ada program Bibit Unggul dari pemerintah kota, mungkin saat itu saya tidak menjadi apa-apa sampai sekarang," ujar Febri dengan penuh syukur, Kamis (29/8/2024).

Febri pun menceritakan masa lalunya yang tidak mudah. Ayahnya yang hanya seorang sopir taksi, mengalami kesulitan untuk membiayai sekolah. Namun, keberuntungan datang ketika Pemkot Surabaya memperkenalkan program beasiswa Bibit Unggul bagi siswa berprestasi dari keluarga tidak mampu.

"Bapakku itu dulu sopir taksi. Karena pada saat itu bapakku sudah tidak bisa membiayai sekolah, kok ada sambutan dari pemerintah kota membuat Asrama Bibit Unggul," kenang Febri.

Nah, berkat rekam jejak prestasi akademik yang baik di sekolah, sehingga guru-gurunya mengusulkan Febri mengikuti seleksi program beasiswa Bibit Unggul. "Alhamdulillah akhirnya saya lolos," ujar wanita kelahiran Surabaya, 11 Februari 1976 tersebut.

Program Bibit Unggul mengambil siswa-siswi dari keluarga tidak mampu namun memiliki nilai rapor yang memenuhi kriteria. Febri pun berhasil melewati seleksi dan berkesempatan melanjutkan pendidikan di Universitas Airlangga (Unair). "Saya tidak terpikir saat itu bisa kuliah, kalau itu (program Bibit Unggul) tidak ada, saya tidak sampai kuliah," katanya.

Selama masa kuliah, Febri menjalani pembinaan di Asrama Bibit Unggul selama kurang lebih tiga tahun hingga akhirnya lulus. Setelah itu, peluang kembali menghampirinya ketika ada rekrutmen Pegawai Negeri Sipil (PNS). Febri mencoba peruntungan dan berhasil lolos seleksi PNS.

"Dulu saat kuliah semester awal sudah masuk Asrama Bibit Unggul, kurang lebih 3 tahunan sampai lulus. Setelah lulus kebetulan ada rekrutmen PNS, kemudian saya melamar dan Alhamdulillah lolos," tuturnya.

Febri merupakan alumni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Airlangga (Unair). Pilihannya untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri, didasari oleh kesadaran bahwa ia harus mempertahankan beasiswa yang diberikan oleh Pemkot Surabaya.

Baca Juga: Wali Kota Eri Ajak Aisyiyah Bersinergi Atasi Masalah Perempuan

"Aku sampai berpikir saat memilih perguruan tinggi, aku tidak akan memilih perguruan tinggi yang sulit karena aku harus mempertahankan beasiswa ini," jelasnya.

Febri mengakui bahwa program Bibit Unggul adalah estafet yang mengantarkannya pada kesuksesan. Tanpa program tersebut, besar kemungkinan ia tidak akan bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Kalau saya tidak masuk negeri, beasiswaku terputus. Alhamdulillah Allah masih memberikan izin semua dan pemerintah kota support," terangnya.

Sementara dalam peresmian, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya, Anna Fajrihatin menjelaskan, saat ini ada 138 anak yang mengikuti program pendidikan "1 Keluarga 1 Sarjana" di Asrama Bibit Unggul. Jumlah tersebut masih akan terus bertambah. "Kami berharap asrama ini dapat mencetak generasi muda yang luar biasa," kata Anna.

Ia menyebut jika Pemkot Surabaya telah menyediakan berbagai fasilitas di Asrama Bibit Unggul. Sejumlah fasilitas itu di antaranya adalah ruang pembelajaran, ruang kreasi, ruang makan hingga lapangan futsal dan basket.

"Anak-anak yang tinggal di Asrama Bibit Unggul juga kami beri kesempatan untuk mengembangkan bakat. Mulai dari musik, melukis dan berbagai kegiatan kreatif lainnya," katanya.

Baca Juga: Komitmen Atasi Banjir, Wali Kota Eri Cahyadi Bangun 16 Rumah Pompa Baru dalam 3 Tahun Terakhir

Anna menambahkan bahwa Asrama Bibit Unggul menjadi pusat kegiatan bagi anak-anak. Selama di asrama, anak-anak akan mendapatkan pembinaan baik pendidikan akademik maupun non-akademik.

"Asrama Bibit Unggul juga menjadi tempat untuk membentuk jiwa dan empati anak-anak dalam mewujudkan generasi yang hebat," pungkas Anna. 

 

 

 

Editor : amar

Peristiwa   

BANG UDIN SOSIALISASI ERI-ARMUJI

Swaranews.com - Anggota DPRD Surabaya Dari Partai Demokrat Dapil 2 Muhammad Saifuddin terus turun melakukan sosialisasi mengajak seluruh lapisan…