KPU Jatim Yakin Rekapitulasi Tuntas Sesuai Tahapan

Suasana Rapat Pleno Terbuka KPU Jatim di Surabaya Barat. /Foto: Bachan
Suasana Rapat Pleno Terbuka KPU Jatim di Surabaya Barat. /Foto: Bachan

Swaranews.com - Rapat Pleno Terbuka Rekaputulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 Tingkat Provinsi Jawa Timur telah terlaksana untuk 31 Kabupaten/Kota. Dengan demikian KPU Provinsi Jatim masih akan menyelesaikan 7 Kabupaten/Kota lagi.

"Alhamdilillah di hari kelima in kelima ini, 31 Kabupaten/Kota sudah dibacakan hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten/Kota dan dari 31 itu kami juga mendapat potret terkait dengan angka partisipasi di wilayah Jawa Timur khususnya di 31 kabupaten kota yang telah membacakan hasil perolehan suara masing-masing peserta pemilu angkanya di atas 84% itu melebihi target nasional KPU RI yakni 77,5%," tutur Aang Kunaifi, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Kamis (7/3/2024) sore di Hotel Shangrila Surabaya.

Baca Juga: KPU Provinsi Jawa Timur Pastikan Tidak Ada Calon Independen

Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menopang kerja-kerja penyelenggaraan KPU selama ini, baik dari media dan pemerintah maupun pihak keamanan. 

"Mudah-mudahan sampai tanggal 8 besok, 38 Kabupaten/Kota bisa menyelesaikan proses rekapitulasi di tingkat provinsi," harap Aang Kunaifi.

Dirinya menyebutkan bahwa hingga saat ini tersisa 7 daerah, diantaranya ada Bangkalan, Sampang, Pamekasan, kemudian Sumenep, Surabaya, Jember dan Lumajang. 

"Target kita 8 Maret 2024 besok sudah terselesaikan semua. Tergantung situasi dan kami yakin dengan situasi forum pleno rekapitulasi tingkat provinsi yang seperti sekarang ini. Kami bisa menyelesaikan di tanggal 8 tersebut," tegasnya.

Aang Kunaifi menyampaikan bahwa pihaknya juga terus intens berkoordinasi dengan pihak keamanan dan Forkopimda. Hingga pagi tadi, KPU Provinsi Jatim juga menerima kunjungan dari Forkopimda, Pj. Gubernur, Kapolda Jatim dan Pangdam V/Brawijaya terkait kondisi pelaksanaan rekapitulasi di tingkat provinsi dan bagaimana mekanisme keamanan. 

Baca Juga: Josiah Michael: Selama ini Komunikasi PSI dengan Walikota Terbina denfan Baik

"Malam ini ada, masih berlanjut ini nanti habis ini kan Lumajang dan Jember," ungkapnya.

Aang menegaskan bahwa semua keberatan sudah difasilitasi kaitan penyandingan data dan lain sebagainya. Terkait kunjungan

Forkopimda, Aang mengatakan bahwa Forkopimda Jatim berharap semua pihak mendukung apa yang sedang dilakukan berikut jajaran yang ada.

Baca Juga: Tri Rismaharini Tak Ingin Maju Pilgub Jakarta

"Harapannya Jawa Timur bisa selesai sesuai tahapan yang ada sesuai dengan peraturan," tutup Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi. 

 

 

Editor : amar