PELUNCURAN PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR JAWA TIMUR TAHUN 2024


Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur melaksanakan
PELUNCURAN PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PROVINSI
JAWA TIMUR TAHUN 2024 pada Selasa, 4 Juni 2024 di Grand City Convex
Swaranews.com - Sebagai bagian dari tahapan pemilihan umum kepala daerah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan "Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Tahun 2024" di Convex Grand City, Surabaya, Selasa (4/6/2024).

Aang Kunaifi, Kètua KPU Provinsi Jawa Timur mengatakan bahwa setelah KPU Republik Indonesia meluncurkan secara nasional pada 31 Maret 2024 di Prambanan, Yogyakarta.

Baca Juga: KPU Provinsi Jawa Timur Pastikan Tidak Ada Calon Independen

"Sampai dengan saat ini, KPU Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan berbagai tahapan. Pertama, rekrutmen Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemunguatan Suara," ujarnya.
Aang menyebutkan, jumlah PPK sebanyak 3.330 orang yang tersebar di 666 kecamatan di Jawa Timur, sedangkan PPS berjumlah 25.482 orang yang tersebar di 8.494 desa/kelurahan di seluruh Jawa Timur.

Baca Juga: KPU Jatim Yakin Rekapitulasi Tuntas Sesuai Tahapan

"Kedua, KPU Provinsi Jawa Timur dan 38 KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur juga telah melaksanakan tahapan penyerahan Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Dalam Pemilihan Serentak Tahun 2024 mulai 8 sampai dengan 12 Mei 2024.

"Hasilnya selama lima hari masa penyerahan, terdapat 5 kabupaten/kota yang terdapat Bakal Calon Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Walikota, yaitu Kabupaten Jember, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Bojonegoro, Kota Probolinggo, dan Kota Malang," sebut Aang Kunaifi.

Baca Juga: Hasil Rekapitulasi di 16 Kabupaten/Kota, Tingkat Parmas Jawa Timur Tembus Tingkat Parmas Nasional

Ketiga, lanjutnya, saat ini KPU Provinsi Jawa Timur, tengah mempersiapkan tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.
"Dengan demikian, KPU Provinsi Jawa Timur mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat Jawa Timur untuk bersama-sama menyukseskan gelaran
Pilkada Serentak di Jawa Timur yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024," papar Aang Kunaifi.
Dirinya menegaskan bahwa peluncuran akan dikemas dengan rangkaian acara yang mengusung tema ragam budaya Jawa Timur. Di antaranya kesenian Barongsai, The Legend of Reog Ponorogo, Digital Technology Dancer Opener, dan Konser Musik dengan Artis Glidcoustic dan Happy Asmara, serta para tamu yang akan mengenakan pakaian adat daerah.
"Pada kesempatan tersebut, KPU Provinsi Jawa Timur juga sekaligus meluncurkan Maskot dan Jingle Pilgub Jatim 2024 sebagai sarana sosialisasi dan Pendidikan pemilih," beber Aang.
Ketua KPU Provinsi Jatim ini menambahkan, peluncuran akan dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Provinsi Jawa Timur, PJ Gubernur Jawa Timur, Kapolda Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya, Pangkoarmada II, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Timur, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur, Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Perwakilan Partai Politik Tingkat Jawa Timur, KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur, KPU Provinsi Sekitar, LSM/Ormas, Tokoh Masyarakat, dan seluruh masyarakat Jawa Timur.

Editor : amar