KPU Kota Surabaya Perkenalkan Si Mbois, Mars dan Jingle Pemilu Walikota 2024

Subairi Komisioner KPU Kota Surabaya Bidang Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia menunjukkan Si Mbois. (Amar)saat menyampaikan paparannya di Media Gtharering
Subairi Komisioner KPU Kota Surabaya Bidang Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia menunjukkan Si Mbois. (Amar)saat menyampaikan paparannya di Media Gtharering

Swaranews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya mengenalkan Maskot, Mars dan Jingle Pemilihan Walikota Surabaya 2024. Melalui media gathering yang berlangsung di Graha Swara KPU Kota Surabaya dihadiri komisioner dan staf KPU Surabaya bersama puluhan wartawan dari berbagai media massa.

"Kita kenalkan ke publik melalui event bersama teman-teman media ini, dengan harapan nanti akan bisa menjadi bagian dari sosialisasi, publikasi dan tentu dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat," ujar Subairi, Komisionee KPU Kota Surabaya, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi masyarakat dan SDM, Selasa (11/6/2024) sore di Jalan Adityawarman, Surabaya.

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Ungkap Pentingnya Peran Media dalam Pilkada Serentak 2024

Dia menjelaskan, maskot Pilwali Kota Surabaya itu, Si Mbois merupakan akronim dari Siap Memilih dan Berdemokrasi untuk Surabaya.

"Nama itu sekaligus menjadi doa kita bersama agar pelaksanaan Pilwali Kota Surabaya 2024 berjalan demokratis, lancar dan sukses," harap Subairi.

Dirinya menegaskan bahwa M
Maskot ini merupakan ikon Kota Surabaya. Berbentuk buaya  merupakan karakter yang melekat untuk Kota Surabaya yang memiliki karakter semangat, cerdas, ramah dan bijaksana. Dandanan keren dan milenial, pakai kaca mata.

"Kalau kita Artikan bahasa Suroboyo mbois itu keren," terangnya.

Subairi menyampaikan, maskot ini juga mengandung makna menjunjung tinggi kearifan budaya lokal, disitu pakai baju lengan panjang casual yang ditutup "jarik" bermotif batik semanggi yang merupakan khas kota Surabaya. Nah itu juga ada udeng ya yang dipakai itu juga adalah untuk khas kota Surabaya.

Baca Juga: Wakil Sekretaris DPC PDIP Sebut Coklit jamin hak demokrasi warga dalam Pemilu Kepala Daerah

"Dalam rangka mencerminkan karakter warga Kota Surabaya sebagai warga kota yang metropolitan yang cerdas peduli dan bijak dalam menentukan calon pemimpinnya di Pilwali Kota Surabaya 2024," paparnya.

Subairi menyatakan, terpilihnya Maskot Pilwali Kota Surabaya 2024 ini adalah hasil karya pemenang lomba yang diselenggarakan oleh KPU Kota Surabaya dengan dewan Juri yang profesional di bidangnya. Dari puluhan peserta yang masuk terpilihlah maskot Si Mbois ini.

Untuk launching secara resmi, Subairi menjelaskan bahwa pihaknya masih akan mencari waktu yang tepat.

Sedangkan pada jingle dan mars salah satu poinnya adalah unsur tema pilwali kai ini yakni, Surabaya memilih. Selain itu memberikan informasi sekaligus mengajak. informasinya itu minimal hari terus tanggal bulan dan tahun itu ada semua

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Gelar Bimtek Sosialisasi Tingkatt PPK Optimis Partisipasi Masyarakat Meningkat

"Jadi tak hanya musiknya bagus. Tetapi liriknya itu mengandung ajakan hanya memilih jangan lupa memilih Rabu tanggal 27 November 2024 dan musiknya juga menjadi pertimbangan karena kekinian," imbuhnya.

Subairi menyebutkan bahwa Juri terdiri dari akademisi, pekerja seni dan pakar. Setelah dipilih Juri kita koreksi. Kemudian diplenokan.

"Berikutnya, baik maskot dan mars serta jingle akan kita pakai di setiap tahapan Pilwali Kota Surabaya 2024," tutup Subairi.

Editor : amar